Image of Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, Dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015

Text

Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, Dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015



Harga saham merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pengelolaan perusahaan, dimana kekuatan pasar di bursa saham ditunjukkan dengan adanya transaksi jual beli saham perusahaan tersebut di pasar modal. Untuk menilai kondisi keuangan suatu perusahaan, maka para pemakai laporan keuangan dapat melakukan analisis rasio seperti Current Ratio (CR), Net profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER).
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham. Variabel independen yang digunakan adalah Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER). Variabel dependen adalah Harga Saham. Analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Pengujian tersebut dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 21.0.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2015 sebanyak 37 perusahaan. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 26 perusahan ditentukan sebagai sampel.
Berdasarkan hasil penelitian, uji parsial/uji t menunjukkan Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015, dengan nilai koefisien regresi negatif dan nilai Sig. t 0,012. Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015, dengan hasil nilai koefisien regresi positif dan nilai Sig. t 0,000. Price Earning Ratio (PER) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015, dengan hasil nilai koefisien regresi positif dan nilai Sig. t 0,765. Uji simultan/uji F menunjukkan Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015, dengan nilai Sig. F 0,000. Pada penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,358. Hal ini berarti variabel dependen mampu dijelaskan sebesar 35,8% oleh variabel independen sedangkan 64,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti.


Ketersediaan

SK00225Perpustakaan STIE LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this