Image of Peranan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Arus Kas (Studi Kasus Pada Sekolah Kasih Bunda Taman Kota Jakarta Barat Tahun 2010)

Text

Peranan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Arus Kas (Studi Kasus Pada Sekolah Kasih Bunda Taman Kota Jakarta Barat Tahun 2010)



Dalam menghadapai tantangan globalisasi, pendidikan menjadi pijakan dan arah roda perjalanan bangsa ini. Pendidikan merupakan faktor penting bagi peningkatan kecerdasan masyarakat serta merupakan faktor penentu bagi kemajuan pembangunan suatu bangsa. Tahun 2009 diharapkan merupakan tahun kebangkitan bagi sektor pendidikan dan pembangunan nasional di Indonesia. hal ini terindikasi dengan adanya penetapan sebesar 20% dari APBN (rp224 triliun) untuk alokasi anggaran dana pendidikan tahun 2009. Melalui kebijakan tersebut, pemerintah telah memperlihatkan keseriusannya untuk menjadikan pendidikan sebagai prioritas dalam agenda pemabngunan nasional dan mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Sekolah ahrus menggunakan dana dengan seefektif dan seefisien mungkin demi peningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan sekolah. Apabila dana dari pemerintah memang tidak mencukupi, sekolah dapat mengupayakan dana dari masyarakat. Pengelolaan dana, baik dari pemerintah maupun masyarakat, harus dilandasi semangat akuntabilitas dan transparansi. Dengan pengelolaan dana yang transparan, masyarakat dapat mengetahui kemana saja dana sekolah in dibelanjakan. Kas merupakan aktiva yang paling aktif dan mudah untuk diselewengkan dalam suatu perusahaan atau organisasi, oleh karena itu penerimaan kas dianggap penting karena kas merupakan saaran yang terpenting untuk penyalahgunan dan penyelewengan, kesalahan pencatatan kas mempengaruhi kesalahan pencatatan akun lainnya, dan kas merupakan alat pertukaran atau pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan/organisasi. Untuk menghindari terjadinya penyelewengan-penyelewengan tersebut maka perlu adanya pengendalian intern. Pengendalian intern merupaka alat perusahaan untuk mencegah terjadinya pemborosan-pemborosan, penggelapan, atau penempatan aktiva pada lokasi yang tidak tepat, serta mencegah terjadinya kecurangan yang mungkin saja bisa terjadai. Pengendalian intern juga diperlukan oleh organisasi untuk melakukan pemeriksaan atas harta dan pengeluaran perusahaan. Diharapkan dengan adanya pengendalian intern yang baik akan mengurani terjadinya risiko kesalahan atau kerugian dan dapat meningkatkan pendapatan atau aktiva perusahaan/organisasi.


Ketersediaan

SK00100Perpustakaan STIE Library (KB #67)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this