Image of Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI tahun 2008-2012)

Text

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI tahun 2008-2012)



Perataan laba adalah suatu usaha yang dilakukan manajemen untuk menekan variasi dalam laba sejauh yang dimungkinkan oleh prinsip-prinsip akuntansi yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya tetapi sesuai dengan keinginan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perataanlaba dengan menggunakan 13 sampel perusahaan manufaktur (sektor industri barang konsumsi) yang terdaftar di BEI dalam kurun waktu lima tahun mulai tahun 2008 hingga 2012 ddengan metode seleksi purposive sampling. Indeks Eckel digunakan untuk mengklasifikasikan perusahaan yang melakukan atau tidak melakukan praktek perataan laba. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah leverage keuangan (DER), profitabilitas (ROA), dan ukuran perusahaan. Analisa statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan uji statistik deskriptif, keofisien determinasi, uji t, uji F dan dengan menggunakan model regresi linier berganda. Hasil dari klasifikasi menunjukkan adanya praktik perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan punlik di BEI. Pada analisis regresi linier berganda terhadap ketiga variabel independen, ternyata variabel leverage keuangan (Debt to Equity Ratio), Profitabilitas (Return On Asset) dan ukuran perusahaan yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba. Dan leverage keuangan (DER), Profitabilitas (ROA) dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba.


Ketersediaan

SK00068Perpustakaan STIE Library (KB #67)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
91 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this