Image of Analisis Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Independen, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Return On Asset dan Debt Ratio Terhadap Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)

Text

Analisis Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Independen, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Return On Asset dan Debt Ratio Terhadap Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan dengan corporate governance dan karakteristik perusahaan. Corporate governance dicerminkan dengan proporsi dewan komisaris independen dan ukuran dewan komisaris, sedangkan karateristik perusahaan dicerminkan dengan ukuran perusahaan, return on asset dan debt ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan go public yang terdaftar di BEI periode 2010 sampai 2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah perusahaan manufaktur yang dijadikan sampel sebanyak 22 perusahaan sehingga total sampel penelitian adalah 66 laporan tahunan. Metode analisis yang digunkan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proporsi dewan komisarais independen tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sukarela karena nilai t hitung 0,006 < t tabel 2,000, (2) ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan signifikan terhadap pengungkapan sukarela karena nilai t hitung 6,172 > t tabel 2,000, (3) ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan sukarela karena nilai t hitung 11,398 > t tabel 2,000, (4) return on asset berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sukarela karena nilai t hitung 4,852 < t tabel 2,000, (5) Debt Ratio berpengaruh negatif ddan tidak signifikan terhadap pengungkapan sukarela t hitung -0,519 < 2,000, dan (6) variabel proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, return on asset dan debt ratio berpengaruh signifikan Fhitung sebesar 30,986 > F tabel 2,53.


Ketersediaan

SK00060Perpustakaan STIE Library (KB #67)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
77 hllm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this