Image of Pengaruh Insentif Pajak dan Perubahan Tarif PPh Badan Berdasarkan UU No. 36 Tahun 2008 Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perdangangan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia 2008-2010)

Text

Pengaruh Insentif Pajak dan Perubahan Tarif PPh Badan Berdasarkan UU No. 36 Tahun 2008 Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perdangangan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia 2008-2010)



Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah perusahaan yang memperoleh laba maupun perusahaan yang mengalami kerugian melakukan manajemen laba pada saat perubahan tarif pajak berdasarkan UU No. 36 tahun 2008 dan dipengaruhi oleh insentif pajak. Sampel penelitian ini adalah 30 perusahaan sektor perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang telah mempublikasikan laporan keuangannya dari tahun 2008-2010. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan uji beda t-test dengan menggunakan paired sample t-test sebagai alat uji beda tersebut. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui mengenai bagaimana insentif pajak mempengaruhi praktik manajemen laba. Sedangkan uji beda t-test digunakan untuk menguji apakah ada perbedaan yang signifikan antara discretionary accrual pada periode sebelum dan sesudah penurunan tarif pajak penghasilan badan 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perusahaan melakukan manajemen laba pada tahun 2008 dan 2009 sebagai respon insentif pajak (perencanaan pajak dan pajak tangguhan); (2) Manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan yang memperoleh laba dipengaruhi oleh insentif pajak (perencanaan pajak tahun 2009 dan pajak tangguhan) sedangkan perusahaan yang mengalami kerugian tidka dipengaruhi oleh insentif pajak (perencanaan pajak dan pajak tangguhan).


Ketersediaan

SK00055Perpustakaan STIE Library (KB #66)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
101 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this